Silahkan berkunjung dan bergabung ke facebook HKBP Laut Dendang di FB-HKBPLD. Anda akan mendapatkan firman Tuhan setiap harinya berdasarkan Almanak HKBP dan juga ke Youtube HKBP Laut Dendang di Youtube-HKBPLD berita terkini seputar Gereja HKBP Laut Dendang. Semoga Blog, Facebook dan Youtube HKBP Laut Dendang ini bermanfaat. Dan bisa menjadi berkat bagi kita semua. Amin

Kamis, 09 April 2015

Indahnya Hidup Damai dan Rukun



Indahnya Hidup Damai dan Rukun

 

Mazmur 133:1-3
Pemazmur menjelaskan bahwa hidup rukun itu  sungguh indah dan baik keadaanya (ayat 1). Untuk melukiskan keindahan hidup yang rukun irtu pemazmur melukiskan dengan dua penjelasan sebagai berikut :



1.   Bagaikan Minyak Urapan ( ayat 2 ). Minyak urapan adalah minyak yang di tumpahkan di kepala untuk menjadi tanda orang itu dipilih dan diurapi untuk jabatan Imam seperti Harun dan Daud menjadi Raja diurapi oleh Samuel. Proses pengurapan Daud ialah dengan Samuel minta diadakan jamuan makan, atau pesta yang khusus diperuntukkan bagi keluarga Isai. Setelah Daud terpilih ia diurapi oleh Samuel dengan menumpahkan minyak dan mengucapkan doa dan berkat bagi Daud. Diyakini bahwa setiap orang diurapi Roh Allah akan diam pada siapa yang diurapi tersebut. Gambaran Minyak yang ditumpahkan di kepala meleleh ke jenggut dan ke jubah Harun  itu gambaran berkat yang menyertai pengurapan tersebut dan ini keindahan dan kemasyuran orang yang diurapi tersebut. Jadi orang yang hidup dalam damai dan rukun itu seperti di urapi penuh berkat dan kuasa Tuhan yang menyelimuti kehidupan   orang-orang yang tetap hidup dengan rukun dan damai.

2.   Embun adalah titik kehidupan ( ayat 3 ).. Embun gunung Hermon adalah gunung yang tinggi di mana embunnya akan  sampai ke dataran sekitanya bahkan sampai ke Sion.  Titik embun adalah titik air yang mampu meberikan kehidupan kepada tumbuh-tumbuhan hijau. Bagi Daerah Timur Tengah tumbuhan yang hijau adalah tanda kehidupan dan kesuburan yang berawal dari titik air atau embun. Hewan, tumbuhan dan Manusia akan mati tanpa adanya titik air sumber kehidupan. Timur tengah adalah daerah subur, tetapi yang menjadi daerah itu tandus dan gersang karena air sangat langka dan hujan pun sangat terbatas, sehingga apabila ada air – ada kehidupan dengan ditandai dengan adanya tumbuhan hijau. Itulah gambaran keindahan hidup rukun dan damai  seperti adanya tumbuhan hijau di daerah tanah yang gersang.

Dalam ayat yang ke 3 sungguh luar biasa apa yang menjadi balasan dari hidup rukun dan damai itu, yakni Allah akan memerintahkan berkat kehidupan untuk selamanya.  Jelas  menurut pemazmur syarat mutlak hidup rukun dan damai  agar Allah mencurahkan berkat-berkatNya dalam kehidupan ini.

Dari Mazmur 133 : 1-3 ini dapat di simpulkan bahwa Allah sangat senang melihat umatnya bahkan seluruh bangsa-bangsa hidup damai dan Rukun. Dengan kehidupan damai dan Rukun ini Allah dengan senang akan mencurahkan berkat-berkatnya bagi kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan dunia ini. Namun sebaliknya Allah akan sedih apabila kehidupan bersama dalam keluarga- rumah tangga, masyarakat, bangsa dan dunia ini penuh dengan persengketaan, peperangan dan kerusuhan, maka Allah akan menahan berkatnya, maka penderitaan yang bertubi-tubi yang terjadi dalam kehidupan manusia da segenap ciptaan disekitarnya. Dalam kondisi seperti  ini yang suka dan bersenang hati dan tertawa atas persengketaan, peperangan dan ketidak damaian terjadi ialah iblis si jahat. Dalam khotbah di Bukit Matius 5 : 9 Berbahagialah orang yang membawa damai karena mereka akan disebut anak-anak Allah.  Jadi Pesan penting Bagi kita semua dari nast ini ialah marilah kita semua menjadi orang yang memperjuangkan kehidupan yang damai dan rukun baik dalam kehidupan Keluarga, rumah tangga, Masyarakat, bangsa dan negara di mana kita berada.

Pdt.  Mediorapano, S.Th, M.Min

Source : http://goo.gl/4vflAj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar