Kenaikan
Kristus ke surga
Kisah
Rasul 1:1-11
I) Antara kebangkitan dan kenaikan.
Yesus masih ada di dunia ini selama 40 hari antara
kebangkitanNya dan ke-naikanNya ke sorga (ay 3).
1) TujuanNya adalah untuk membuktikan bahwa Ia
betul-betul bangkit dari antara orang mati, dan betul-betul hidup (ay 3).
Charles Haddon Spurgeon:
"Our Saviour would not go to heaven
till he had settled the fact of his resurrection upon a basis which can never be
shaken" (= Juruselamat kita tidak akan pergi ke sorga sampai Ia telah
menetapkan fakta kebangkitanNya pada dasar yang tidak akan bisa digoyahkan)
- ‘Spurgeon’s Expository Encyclopedia’, vol 4, hal 425.
Ini menunjukkan betapa pentingnya kepercayaan /
keyakinan pada kebangkitan Kristus (bdk. Ro 10:9 1Kor 15:3-4).
Sudahkan saudara per-caya bahwa Yesus bangkit dari antara orang mati?
2) Dalam 40 hari itu ada perbedaan yang besar
dalam hidup Yesus diban-dingkan sebelum ia mati, yaitu tidak adanya pencobaan,
serangan, dsb, terhadap diriNya dari tokoh-tokoh Yahudi maupun pemerintah
Romawi.
Charles Haddon Spurgeon:
"I might almost say that those days
were the prelude of his glory, a sort of anticipation of his reign of peace,
when he shall stand in the latter day upon the earth, and wars shall cease unto
the end of the earth" (= Saya hampir bisa mengatakan bahwa hari-hari
itu adalah pendahuluan dari kemuliaanNya, semacam pengharapan tentang
pemerintahanNya yang penuh damai, pada waktu Ia akan berdiri pada hari terakhir
di bumi ini, dan peperangan akan berhenti sampai ujung bumi) - ‘Spurgeon’s
Expository Encyclopedia’, vol 4, hal 425.
Penerapan:
Dalam mengikuti dan melayani Kristus pada saat
ini, memang ada banyak serangan terhadap diri kita / gereja. Tetapi dengan
melihat pada kehi-dupan Kristus di bumi ini selama 40 hari antara kebangkitanNya
dan kenaikanNya ke surga, kita boleh yakin bahwa ada suatu saat kelak, kitapun
akan bebas dari semua serangan itu! Tetapi sementara semua serangan itu masih
ada, bertekunlah dalam mengikut dan melayani Kristus!
II) Kenaikan ke surga.
1) Sifat kenaikan Kristus ke surga.
a) Kenaikan Kristus ke surga, adalah suatu
peristiwa yang sungguh-sungguh terjadi / bersifat historis, dan bukan sekedar
merupakan perumpamaan, illustrasi dsb.
Lukas menceritakan kenaikan Kristus ke surga baik
dalam Injil Lukas (Luk 24:50-53) maupun dalam Kisah Rasul (Kis 1:1-11).
Karena peris-tiwa kenaikan Kristus ke sorga ini ada dalam Kitab Suci / Firman
Tuhan, maka tidak percaya pada kenaikan Kristus ke surga adalah sama dengan
tidak percaya pada Kitab Suci / Firman Tuhan.
Gereja Roma Katolik percaya bahwa Maria juga naik
ke surga dengan tubuh jasmaninya, tetapi karena hal ini tidak ada dasar Kitab
Sucinya, maka tentu saja kita tidak mempercayainya. Agama lain juga ada yang
percaya bahwa tokoh mereka naik ke surga, tetapi juga tidak ada dalam Kitab Suci
kita dan karena itu juga tidak kita terima / percayai. Tetapi kenaikan Kristus
ke surga ada dalam Kitab Suci dan itu harus kita terima sebagai kebenaran.
b) Kenaikan Kristus ke surga adalah suatu
kenaikan yang bersifat jasmani.
Kebangkitan, kenaikan ke surga dan kedatangan
Kristus keduakalinya semuanya bersifat jasmani. Jadi, tubuhNya betul-betul naik
ke surga dan karena tubuhNya memang tidak maha ada, maka sekarang Ia tidak lagi
hadir secara jasmani di dunia ini.
Dalam Mat 26:11 Yesus berkata: "Karena
orang-orang miskin selalu ada padamu, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama
kamu". Tentu Yesus mengucapkan Mat 26:11 ini dalam arti jasmani, dan
ini secara jelas menunjukkan bahwa Ia tidak lagi bersama kita secara jasmani!
Doktrin Perjamuan Kudus dari orang Roma Katolik
maupun Lutheran, yang mempercayai kehadiran secara jasmani dari Kristus pada
Per-jamuan Kudus, jelas merupakan doktrin yang salah!
Charles Haddon Spurgeon:
"It is a vain idea of carnal-minded
men that Christ is corporeally in the sacrament. He is gone into heaven. ... to
say that he is here corporeally, is to deny that he is gone up into heaven"
(= Merupakan gagasan sia-sia dari orang-orang yang berpikir secara daging bahwa
Kristus hadir secara jasmani dalam sakramen. Ia telah pergi ke surga. ...
mengatakan bahwa ia ada di sini secara jasmani berarti menyangkal bahwa Ia telah
pergi ke surga) - ‘Spurgeon’s Expository Encyclopedia’, vol 4,
hal 427.
Orang Calvinist / Reformed percaya bahwa dalam
Perjamuan Kudus, Kristus hadir secara rohani!
c) Kristus naik secara perlahan-lahan ke atas / ke
surga (ay 9,11).
Mengapa Ia tidak tahu-tahu menghilang begitu
saja? Mengapa Ia harus naik perlahan-lahan ke atas / ke surga? Karena Ia ingin
murid-muridNya dan kita semua tahu bahwa Ia memang naik ke surga, bukan sekedar
hilang begitu saja.
Dengan demikian, sekalipun kita tahu bahwa
sekarang Ia tidak hadir secara jasmani di dunia ini, tetapi kita tahu bahwa Ia
tetap hidup terus di surga. Kita mempunyai seorang Juruselamat yang hidup
selama-lamanya!
2) Kenaikan Kristus ke surga tidak ditunjukkan
kepada semua orang.
Mengapa? Calvin menjawab sebagai berikut: "Now
as he did not, after his resurrection, appear indiscriminately to all, so he did
not permit all to be the witnesses of his ascension to heaven; for he intended
that this mystery of faith should be known by the preaching of the gospel rather
than beheld by the eyes" (= Sebagaimana setelah kebangkitanNya Ia tidak
menunjukkan diriNya kepada semua orang, demikian juga Ia tidak mengijinkan semua
orang menjadi saksi-saksi kenaikanNya ke surga; karena Ia menghendaki bahwa
misteri iman ini diketahui melalui pemberitaan Injil dan bukannya dengan dilihat
dengan mata).
Penerapan:
- Ini menunjukkan bahwa saudara harus memberitakan Injil / Firman Tuhan.
- Ini menunjukkan bahwa pemberitaan Injil / Firman Tuhan jauh lebih penting dari kesaksian siapapun yang mengalami apapun! Kalau memang pengalaman lebih penting dari pada Firman Tuhan / Injil, pasti Yesus menunjukkan Kebangkitan dan KenaikanNya ke sorga kepada semua orang! Karena itu jangan menjadi orang kristen yang lebih senang mendengar khotbah yang dipenuhi kesaksian, dari pada khotbah yang betul-betul menguraikan Firman Tuhan!
3) Fungsi / tujuan kenaikan Kristus ke surga.
a) Untuk menunjukkan bahwa misiNya untuk menebus
dosa kita sudah selesai (Yoh 17:4-5).
Bapa, yang mengutus Yesus untuk turun ke dunia
dan membereskan dosa manusia, pasti tidak akan mau menerima Yesus kembali di
surga, kalau misi Yesus itu belum selesai. Bahwa Bapa menerima Yesus kembali di
surga, menunjukkan bahwa misi penebusan dosa manusia itu memang sudah selesai.
Jadi, sama seperti kebangkitan-Nya, maka kenaikan Yesus ke surga juga merupakan
fakta / faktor yang menjamin keselamatan orang percaya.
b) Untuk menunjukkan bahwa kita yang percaya
kepadaNya juga akan naik ke surga (Yoh 14:2-3 Yoh 17:24 Ef 2:6).
Jadi, sama seperti kebangkitanNya, kenaikanNya ke
surga juga meru-pakan pola yang akan diikuti oleh semua orang yang percaya
kepada-Nya.
Charles Haddon Spurgeon:
- "If he was humiliated for us, he is also exalted for us" (= Jika Ia telah direndahkan untuk kita, Ia juga ditinggikan untuk kita) - ‘Spur-geon’s Expository Encyclopedia’, vol 4, hal 423.
- "It is not only that he is partaker of our lowliness, but we are partaker of his exaltation" (= Bukan hanya bahwa Ia mengambil bagian dalam kerendahan kita, tetapi kita juga mengambil bagian dalam pemulia-anNya) ‘Spurgeon’s Expository Encyclopedia’, vol 4, hal 423.
- "Jesus is gone there as Pioneer to open the way, as our Friend to prepare a place for us, and as the Pledge that all who are in him shall come to the same felicity. If he had not entered, neither could we; but in his person God has given to us a token that we also shall rise from the dead, and shall enter into heaven" (= Yesus pergi ke sana sebagai Perintis / Pelopor untuk membuka jalan, sebagai Teman kita untuk menyiapkan tempat bagi kita, dan sebagai Jaminan bahwa semua yang ada di dalam Dia akan datang pada kebahagiaan yang sama. Jika Ia tidak masuk, kita juga tidak bisa masuk; tetapi dalam diri Yesus Allah telah memberikan kepada kita suatu tanda bahwa kita juga akan bangkit dari kematian, dan akan masuk ke sorga) - ‘Spurgeon’s Expository Encyclopedia’, vol 4, hal 429.
- "The history of the church is to be the history of Christ repeated: she is to be betrayed, she is to be scourged, she is to be falsely accused and spitted on; she may have her crucifixion and her death; but she shall rise again. Her Master rose, and like him she shall rise and receive glory. You can never kill the church till you can kill Christ; and you can never defeat her till you defeat the Lord Jesus, who already wears the crown of triumph" (= Sejarah gereja adalah sejarah Kristus yang terulang: gereja akan dikhianati, gereja akan disesah, gereja akan difitnah dan diludahi; gereja mungkin akan disalib dan mati; tetapi gereja akan bangkit kembali. Tuannya bangkit, dan seperti Dia gereja akan bangkit dan menerima kemuliaan. Kamu tidak akan pernah bisa membunuh gereja sampai kamu bisa membunuh Kristus; dan kamu tidak akan pernah bisa mengalahkan gereja sampai kamu mengalahkan Tuhan Yesus, yang telah mengenakan mahkota keme-nangan) - ‘Spurgeon’s Expository Encyclopedia’, vol 4, hal 433.
c) Supaya Roh Kudus turun (Yoh 16:7).
Setelah Kristus naik ke surga, maka Kristus tidak
lagi menyertai orang percaya secara jasmani (Mat 26:11), tetapi dengan
turunnya Roh Kudus, Ia menyertai orang percaya secara rohani (Yoh 14:16,18,19).
Dengan demikian Ia bisa menggenapi janjiNya dalam ayat-ayat seperti Mat 18:20
Mat 28:20b. Karena itu, perubahan tempat bagi tubuh Yesus ini, tidak boleh
menciptakan jarak antara kita dengan Dia dalam hati kita, karena Yesus tetap
hadir bersama kita secara rohani / melalui Roh KudusNya.
d) Spurgeon mengatakan bahwa salah satu tujuan
kenaikan Yesus ke surga adalah supaya kita tidak krasan di dunia ini, tetapi
juga ingin ke surga supaya bisa bersama-sama dengan Dia.
"We are not at home on earth. If he
were here we might think this world could be our abiding place; but it cannot be
so now" (= Kita belum ada di rumah di bumi ini. Andaikata Ia ada di
sini, kita mungkin akan berpikir bahwa dunia ini bisa menjadi tempat tinggal
kita yang tetap, tetapi sekarang hal seperti itu tidak bisa terjadi) -
‘Spurgeon’s Expository Encyclopedia’, vol 4, hal 426.
4) Apa yang Yesus lakukan di sorga.
a) Yesus tetap melakukan tugasNya sebagai Nabi.
Ada 3 periode sehubungan dengan jabatan Yesus
sebagai nabi:
- Masa di antara kejatuhan Adam sampai baptisan Yesus.
Di sini Yesus melakukan tugas kenabianNya melalui
Theophani (Allah yang menyatakan diri dalam rupa / bentuk manusia) dan melalui
nabi-nabi Perjanjian Lama.
- Masa di antara baptisan Yesus sampai Kenaikan Yesus ke surga.
Di sini Yesus melakukan sendiri tugas
kenabianNya.
- Masa di antara Kenaikan Yesus ke surga sampai kedatangan Yesus yang keduakalinya.
Di sini Yesus melakukan tugas kenabianNya melalui
Roh Kudus, rasul-rasulNya, hamba-hambaNya dan orang-orang kristen (Yoh 14:26
16:12-15 Kis 1:8).
Sekarang kita lihat ay 1. Dalam buku yang pertama
(yaitu Injil Lukas), Lukas menceritakan apa yang dilakukan dan diajarkan oleh
Yesus sampai Ia terangkat. Secara implicit Lukas berkata:
Sekarang, dalam buku yang kedua (yaitu Kisah Rasul), aku akan menceritakan apa
yang Yesus kerjakan dan ajarkan sejak Ia terangkat.
Dan memang Kisah Rasul menceritakan penyebaran
Injil / Firman Tuhan, dan pertumbuhan gereja.
b) Yesus juga tetap melakukan tugasNya sebagai
Imam (Ibr 4:14 7:24-25 8:1-6 1Yoh 2:1).
Charles Haddon Spurgeon:
"I delight to think that my Lord is
with the Father. Sometimes I cannot get to God, my access seems blocked by my
infirmity; but he is always with God to plead for me" (= Saya senang
memikirkan bahwa Tuhan saya ada bersama dengan Bapa. Kadang-kadang saya tidak
bisa datang kepada Allah, jalan masuk saya kelihatannya terhalang oleh kelemahan
saya; tetapi Ia selalu bersama dengan Bapa untuk memohon bagi saya) -
‘Spurgeon’s Expository Encyclopedia’, vol 4, hal 427.
c) Yesus mempersiapkan tempat bagi kita di surga
(Yoh 14:2).
Tempat di surga tidak sama rata! Ada perbedaan
pahala dan kemu-liaan (Luk 19:16-19 1Kor 3:10-15 Mat 5:19 Mat 6:20 Mat
11:11 Mat 20:20-28 1Kor 9:24-27 Wah 22:12).
Memang masuk surga atau tidak, hanya tergantung
pada apakah kita percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat atau tidak,
tetapi tingkat di surga tergantung kehidupan kita, seperti:
- besarnya iman terhadap janji-janji Tuhan.
- kasih kepada Allah.
- ketaatan / tindakan membuang dosa.
- pelayanan / Pemberitaan Injil.
- persembahan.
- dsb.
1) Jangan hanya merenungkan surga tetapi tidak
melakukan apa-apa.
Ay 10-11 - murid-murid yang terus memandangi
langit ditegur oleh malaikat.
Ay 11 - ‘Hai orang-orang Galilea’.
Ini untuk mengingatkan bahwa mereka belum waktunya
masuk surga, mereka masih orang Galilea, masih orang yang hidup di dunia.
2) Kita harus memberitakan Injil.
Ada banyak perintah Tuhan, tetapi ada satu
perintah yang sangat dite-kankan. Ini terbukti dari diberikannya perintah itu
persis sebelum Yesus naik ke surga. Perintah apa itu?
Perintah itu adalah perintah untuk memberitakan
Injil.
a) Ay 2: ‘perintah’ menunjuk pada perintah
untuk memberitakan Injil (Mat 28:19-20).
b) Ay 8: "Tetapi kamu akan menerima
kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di
Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi".
- Ay 8 yang merupakan thema Kisah Rasul ini, jelas merupakan perintah Tuhan untuk memberitakan Injil.
Perintah untuk memberitakan Injil ini berlaku
untuk setiap orang kristen (bdk. Mat 28:19-20). Ingat bahwa sekalipun
Amanat Agung dalam Mat 28:19-20 itu sebetulnya diberikan hanya kepada 11
rasul, tetapi dalam ayat itu juga rasul-rasul itu lalu diperintahkan untuk
mengajarkan segala perintah Yesus kepada orang-orang yang dijadikan murid.
Dengan demikian mereka juga harus meng-ajarkan perintah Yesus untuk memberitakan
Injil. Bandingkan juga dengan Kis 8:1,4 yang menunjukkan bahwa jemaat biasa
juga memberitakan Injil.
Karena Pemberitaan Injil adalah perintah Tuhan
bagi kita, maka kalau kita tidak melakukan Pemberitaan Injil, kita berdosa (dosa
pasif). Bdk. Hak 5:23 Yer 48:10 Yeh 3:18-19 Mat 12:30.
- Dimana / kepada siapa kita harus memberitakan Injil? Ay 8: Yerusalem, Yudea, Samaria, ujung bumi.
- ‘mulai dari Yerusalem’ (bdk. Luk 24:47).
- ini adalah kota dimana Kristus ditangkap, diadili, difitnah, disiksa dan dibunuh. Tetapi dari kota inilah Kristus meme-rintahkan penginjilan dimulai! Inilah kasih yang melampaui akal kita!
- Yerusalem bisa diartikan sebagai ‘orang-orang terdekat’.
Karena itu dalam memberitakan Injil, kita harus
mulai dari orang-orang yang terdekat dengan kita, baru orang-orang yang jauh.
Ada banyak orang kristen memberitakan Injil kepada yang jauh, tetapi melupakan
keluarga / anak sendiri! Ini jelas salah!
Penerapan: sudahkah saudara memberitakan
Injil kepada keluarga saudara?
o
penginjilan tidak boleh dilakukan hanya terhadap bangsa tertentu
saja, tetapi terhadap semua orang / bangsa (ay 8 - ‘Samaria’ dan ‘ujung
bumi’. Bdk. Mat 28:19 - ‘semua bangsa’; Luk 24:47 - ‘segala bangsa’).
Dulu ada tembok pemisah:
o
dalam Bait Allah, Orang Yahudi terpisah tempatnya dengan orang non
Yahudi.
o
Pemberitaan Injil hanya dilakukan kepada orang Yahudi (Mat
10:5-7).
Tetapi dengan adanya kematian dan kebangkitan
Kristus, tem-bok pemisah itu telah hancur (Ef 2:14) dan karena itu:
o
sekarang pemberitaan Injil harus dilakukan terhadap semua bangsa.
o
dalam gereja tidak boleh ada tembok pemisah. Ini dinyata-kan dalam
kata-kata ‘Gereja yang kudus dan am’ dalam 12 Pengakuan Iman Rasuli.
o
bukan yang dekat saja, tetapi juga yang jauh. Tetapi ay 8 ini
tidak berarti bahwa setiap orang kristen harus pergi ke ujung bumi. Ingat
bahwa perintah ini diberikan kepada gereja secara kolektif. Injil memang
harus tersebar kemana-mana, tetapi setiap orang kristen mempunyai ‘ladang’
sendiri-sendiri yang ditentukan oleh Tuhan. Jadi tidak setiap orang harus
menjadi misionaris! Ada yang dipanggil untuk menjadi misionaris dan memberitakan
Injil kepada ‘yang jauh’. Tetapi ada yang di-panggil untuk memberitakan
Injil kepada ‘yang dekat’. Setiap orang kristen harus berdoa untuk mencari
pimpinan Tuhan dalam persoalan ini.
- Sebetulnya ay 7-8 menjawab pertanyaan murid-murid dalam ay 6.
Ay 6 menunjukkan 4 hal yang salah dalam pemikiran
/ pengertian / diri mereka:
o
mereka mengira bahwa kerajaan Yesus / Mesias adalah kerajaan
duniawi. Ini terlihat dari kata ‘memulihkan’. Dulu Israel merdeka, sekarang
dijajah, dan mereka ingin Yesus memulih-kan kerajaan Israel itu.
o
mereka mau kerajaan tanpa berjuang. Mereka mengira bahwa Mesias
akan membebaskan mereka tanpa perjuangan dari pihak mereka. Ini terlihat dari
kata-kata ‘maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi
Israel?’.
o
mereka menganggap kerajaan itu terbatas untuk Israel. Ini terlihat
dari kata-kata ‘bagi Israel’.
o
mereka ingin tahu apa yang adalah rahasia Allah.
Jawaban Yesus terhadap pertanyaan murid-murid (ay
7-8):
o
ay 7: tak perlu tahu waktu yang ditetapkan oleh Bapa.
o
ay 8:
o
Kerajaan Allah dibangun / diperluas dengan Pemberitaan Injil. Ini
jelas menunjukkan bahwa kerajaan itu bukan kera-jaan duniawi tetapi kerajaan
rohani.
o
mereka harus berjuang melalui Pemberitaan Injil.
o
Kerajaan Allah bukan mencakup Israel saja, tetapi juga
bangsa-bangsa lain
Penutup / kesimpulan:Kalau saudara percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat saudara, saudara memang pasti akan masuk ke surga. Surga itu memang enak, menyenangkan, tetapi bagaimanapun juga, jangan hanya merenung tentang surga. Saudara punya tugas selama saudara belum masuk surga, yaitu Pemberitaan Injil. Maukah saudara melakukanlah tugas saudara dalam Pemberitaan Injil?
-
AMIN -
Source : http://goo.gl/8y2Wml
Tidak ada komentar:
Posting Komentar